Innalillahi, Ketua PBNU KH Abbas Mun’im Wafat

  • Bagikan
Innalillahi, Ketua PBNU KH Abbas Mun'im Wafat

Jakarta, NGAJI SANTRI
Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Keluarga besar Nahdlatul Ulama kembali berduka. Ketua PBNU periode 1999-2015, KH Abbas Mun’im wafat pada Jumat (27/5/2022) di Rumah Sakit Geriatri, Puwokerto sekitar pukul 19.20 WIB. Kabar duka ini dibenarkan Wakil Ketua PP Lakpesdam 2010-2015, Lilis Nurul Husna kepada NGAJI SANTRI.

Sebelum menjabat sebagai Ketua PBNU periode Gus Dur, periode KH Hasyim Muzadi dan KH Said Aqil Siroj, Kiai Abbas Mun’im adalah Ketua Lakpesdan PBNU tahun 1994-1996. Selain itu, almarhum juga menjadi pengurus Bina Desa, sebuah lembaga organisas Non-Pemerintah yang bergerak di bidang pemberdayaan sumber daya manusia pedesaan yang didirikan tahun 1975 di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. 

Menurut Ketua Lakpesdam PBNU 2022-2027, Gus Ulil Abshar Abdallah, Kiai Abbas Munim termasuk sosok penting dalam sejarah aktivisme anak-anak NU pada tahun 1990an. Kiai Abbas adalah teman dekat Gus Dur dan sempat kuliah bareng di Baghdad. 

“Kiprahnya di dunia LSM juga cukup lama melalui lembaga yang terkenal pada tahun 90an dulu, yaitu Bina Desa,” tulis Gus Ulil di laman facebook, Jumat (27/5/2022)

Sejak dua puluh tahun terakhir, Kiai Abbas pulang kampung dan mengembangkan sejumlah program untuk membina desa di daerahnya. Rumah joglo yang ada di samping rumah tinggalnya di Purwokerto menjadi tempat berkumpul para aktivis di sana.

“Kiai Abbas juga menorehkan sejarah dalam kegiatan Ngaji Ihya’ yang saya lakukan selama ini. Dia lah yang menuan-rumahi Kopdar Ihya’ yang pertama kali pada 2017 di Purwokerto.” Lanjut Gus Ulil.

 

Almarhum rencananya akan dimakamkan di makam keluarga KH Muh Ilyas Sokaraja, Sabtu 28 Mei 2022 pukul 10.00 WIB.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.