Pertamina Berikan Vaksinasi Gratis Bagi Lansia

  • Bagikan
Pertamina Berikan Vaksinasi Gratis Bagi Lansia

Balikpapan, NGAJI SANTRI

Melalui program vaksinasi lansia, Pertamina DPPU Sepinggan berupaya mendukung Pemerintah membentuk herd immunity menggadapi pandemi Covid-19. Sejalan dengan hal tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan yang menaungi DPPU Sepinggan sebagai salah satu sub unit bisnis pengisian bahan bakar pesawat udara juga memberikan dukungan Kesehatan dikhususkan bagi tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Sepinggan melalui bantuan extra fooding dan dukungan alat kesehatan.

 

Dukungan vaksinasi kepada lansia disasar CSR DPPU Sepinggan bersama Dinas Kesehatan Balikpapan karena melihat pencapaian vaksinasi lansia di Balikpapan yang masih berkisar 80 persen. Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung kebijakan Pemerintah pusat untuk mempercepat vaksinasi agar tercipta herd immunity serta untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat.

 

Vaksinasi lansia difokuskan menyasar lansia yang berada di Ring 1 perusahaan kegiatan ini dilakukan  bersama dengan Puskesmas Sepinggan Sabtu (26/3/2022) bertempat di Puskesmas Sepinggan. Lebih dari 350 warga yang berada di Ring 1 DPPU Sepinggan terlibat dalam vaksinasi tersebut baik lansia maupun masyarakat umum.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Vaksinasi Lansia kolaborasi CSR DPPU Sepinggan.

 

“Kegiatan yang berjalan hari ini sangat membantu pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi, dan vaksinasi ini memfokuskan terhadap lansia karena kita melihat pencapaian vaksinasi lansia yang masih 80 persen partisipasinya dibanding vaksinasi umum yang sudah menjangkau lebih dari 100 persen. Vaksinasi lansia menjadi penting karena jika terkena lansia dengan komorbid bisa menjadi resiko berat. Untuk itu mari kita suksesan vaksinasi lansia yang dilaksanakan dengan bekerjasama CSR DPPU Sepinggan,” ungkapnya.

 

Apresiasi dan dukungan juga disampaikan Lurah Sepinggan Bambang Subagya yang mewakili tiga kelurahan di sekitar ring 1 perusahaan. “Kita bersyukur pada pagi hari ini kita mendapatkan vaksin booster dari kerjasama Pertamina dan dinas kesehatan dalam hal ini puskesmas. Vaksin booster ini selain mendukung booster juga mendukung kesehatan kita dalam mencegah terpapar virus covid 19. Berterimakasih kepada DPPU Sepinggan atas seluruh bantuan dan support dari perusahaan khsusnya kami yg berada di ring 1 perusahaan,” tuturnya.

 

Dalam rangka menggaet peserta dengan cakupan usia di atas 60 tahun sebagai sasaran vaksinasi booster lansia, Pertamina DPPU Sepinggan menyediakan 100 paket sembako bagi 100 lansia yang mendaftar. Tujuannya selain menarik minat kalangan lansia untuk divaksin, paket sembako juga diberikan kepada lansia dari kalangan menengah ke bawah di masa pandemi Covid-19.

 

Selain bantuan tersebut Pertamina DPPU Sepinggan juga memberikan extra fooding dan dukungan tenaga Kesehatan berupa vitamin, masker, dan handsanitizer untuk Puskesmas Sepinggan. Dukungan tersebut dalam rangka mendukung tenaga Kesehatan di Puskesmas Sepinggan dalam memberikan layanan Kesehatan bagi masyarakat. 

 

“Kami dari Pertamina Patra Niaga DPPU Sepinggan memberikan bantuan kepada 100 lansia yang mengikuti vaksinasi, bantuan ini diberikan sebagai bentuk komitmen kami untuk mendukung kegiatan vaksinasi terutama vaksinasi lansia. Pada kesempatan ini kami juga memberikan dukungan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Sepinggan Baru berupa dukungan paket extra fooding dan vitamin,” jelas Heri Ashari selaku Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan. 

 

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria  dalam kesempatan terpisah menyampaikan bila Pertamina mendukung percepatan program pemerintah seperti pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin 3 yaitu Menjamin Kehidupan yang Sehat dan Meningkatkan Kesejahteraan Seluruh Penduduk Semua Usia.

 

“Dengan adanya kolaborasi yang terintegrasi antara perusahaan dan pemerintah diharapakan berdampak pada peningkatan jangkauan spasial dan masyarakat rentan yang terlindungi,” ujar Satria.

 

Pihaknya juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) di bidang Kesehatan. “Menjelang Ramadhan diharapakan masyarakat akan semakin terlindungi dan dapat melaksanakan ibadah dan bersilaturahmi dengan nyaman karena sudah terlindungi dengan vaksinasi booster. Walau begitu selalu perhatikan protokol kesehatan dimanapun kita berada untuk melindungi orang tersayang dari virus Covid-19,” tutupnya.
 

Editor: Kendi Setiawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.