Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan

  • Bagikan
Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan

JALAN kaki merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan di mana saja tanpa butuh peralatan apapun. Meski sangat sederhana, manfaat jalan kaki bagi kesehatan sangat luar biasa lho. Jika dilakukan secara rutin, kamu bisa menikmati beberapa manfaat jalan kaki.

Kebiasaan jalan kaki juga ditunjukkan Rasulullah ﷺ kepada umatnya. Beliau ﷺ dikenal memiliki kebiasaan berjalan kaki, sebagaimana ditunjukkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA.

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan, Rasul Juga Rutin Melakukannya

Dia berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau.

BACA JUGA: Pasukan Pejalan Kaki Terhebat di Perang Dzur Qarad

Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan, Memperkuat Otot-otot Kaki

Berjalan dapat membantu memperkuat otot-otot kaki. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga cepat.

Selain itu, ada bukti medis kuat yang menegaskan bahwa berjalan 10 ribu langkah setiap hari dapat memunculkan berbagai keuntungan kesehatan secara signifikan.

Foto: Adam/islampos

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan, Mengurangi Berbagai Penyakit

Apabila hal itu dapat dilakukan setiap hari, maka bukan hanya bisa membuat Anda merasa lebih baik dan berenergi dalam mengerjakan apa pun, tapi juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit-penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker, diabetes, dan depresi.

Cara mudah mengukur seberapa jauh dan seberapa bermanfaat jalan kaki bisa dilakukan berikut ini tanpa harus menggunakan alat ukur (pedometer):

1) Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit, setara dengan berjalan empat ribu langkah.

2) Berjalan dengan kecepatan sedang selama 45 menit, setara dengan berjalan 7.500 langkah.

3) Berjalan dengan langkah cepat selama 60 menit, setara dengan berjalan 10 ribu langkah.

Jika dihitung, maka rata-rata setiap orang berjalan 900-3000 langkah perhari selama mengerjakan aktivitas harian. Jika demikian, untuk mencapai 10 ribu langkah, maka Anda harus mencari cara untuk mendapatkan langkah-langkah tambahan.

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan, Jalan di Treadmill

Banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan langkah-langkah ekstra tersebut; Anda dapat berjalan di atas treadmill.

Atau Anda juga bisa berjalan di taman di lingkungan tempat Anda tinggal bersama teman-teman atau anggota keluarga Anda, sembari mendengarkan kaset ceramah-ceramah keislaman. Jika harian dianggap terlalu berat, maka buatlah jadwal sebanyak tiga kali setiap pekan.

Berjalan kaki tidak hanya membuat Anda menjadi lebih bugar dan berenergi, tapi juga jika Anda merencanakan untuk berangkat haji atau umrah, maka hal tersebut menjadi latihan terbaik agar nanti menjadi biasa untuk berjalan jauh.

BACA JUGA: Umar bin Khattab Masuki Yerusalem Berjalan Kaki dan tanpa Penjaga

jin qorin, Suami Susah Beribadah, Budaya Terlambat, Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan
Foto: Pngtree

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan, Cegah Kegemukan

Olahraga sangat berguna untuk kesehatan. Dengan berolahraga teratur, terukur dan bersifat aerobik akan memberikan banyak manfaat.

Antara lain mencegah kegemukan dengan segala dampak negatifnya, menguatkan dan lebih mengefisienkan kinerja otot-otot tubuh, seperti otot jantung, otot pernafasan dan otot-otot rangka tubuh, dan lebih melancarkan aliran darah ke dalam sel-sel tubuh, dan pembuangan bahan-bahan sisa dari sel-sel tubuh menjadi lebih baik.

Ketidakseimbangan dalam pola dan gaya hidup akan banyak berdampak pada kenyamanan hidup kita dan proses ibadah kepada Allah. []

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.