Belajar Melestarikan Alam, Kepanduan HW Adakan Kegiatan Berkemah

  • Bagikan
Belajar Melestarikan Alam, Kepanduan HW Adakan Kegiatan Berkemah

NGAJISANTRI.MY.ID, YOGYAKARTA—Berkemah bagi gerakan kepanduan Hizbul Wathan sangat bermanfaat untuk melatih kemandirian. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, dapat terlihat karakter dan kepribadian setiap anggota melalui setiap aktivitas dan perilaku dalam setiap situasi yang sedang dialami.

Hal inilah yang membuat gerakan kepanduan Hizbul Wathan Qobilah KHA Kahar Muzakkir Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Amin melaksanakan Kegiatan Scout Weekend Camp, sejak Sabtu s/d Ahad (19-20/03).

Dilaksanakan di Bumi perkemahan Jaka Garong, Sleman, perkemahan ini sukses diikuti oleh 20 orang peserta dengan 11 Pandu Pengenal dan 9 Pandu Penghela.

Mudir Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Amin R. Effendie Rimawan menyampaikan bahwa di tengah arus teknologi yang begitu cepat, perlu kiranya menjalin hubungan yang erat dengan alam.

Mengenal lebih dalam tentang alam akan lebih menghargai kehidupan itu sendiri. Selain meningkatkan bonding dengan santri, berkemah terbukti memberi banyak keuntungan bagi fisik dan mental.

“Silakan menggunakan kesempatan yang telah diberikan sebagai sarana istirahat, belajar di alam dengan cara cara kepanduan untuk menjadi kader persyarikatan yang membumi,” ujar Effendie sambutannya.

Pentingnya mengenal alam beserta potensi bahayanya, pada kegiatan Scout Weekend Camp ini peserta kemah mendapatkan beberapa materi. Mereka mendapat materi tentang peta topografi yang menjelaskan tentang berbagai informasi terkait bentuk kontur permukaan. Selain tentang berbagai jenis peta, para peserta juga mendapat asupan materi tentang reptil, evaluasi kebencanaan, dan rapling.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.