Anwar Usman Akan Menikahi Adik Presiden Jokowi, Refly Harun Sebut Kalau Beretika, Harusnya Mundur dari Ketua MK

  • Bagikan
Anwar Usman Akan Menikahi Adik Presiden Jokowi, Refly Harun Sebut Kalau Beretika, Harusnya Mundur dari Ketua MK

 

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman Bersama Adik Jokowi, Idayati

NGAJISANTRI.MY.ID – Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun  menilai apabila Anwar Usman  memiliki etika yang baik, seharusnya yang bersangkutan mundur dari jabatannya sebelum menikahi adik presiden Jokowi , Idayati.

“Kalau etika tinggi harusnya mundur, tetapi saya pesimistis. Karena bukankah jabatan sebagai Ketua MK  itu sebagai daya tawar ke keluarga presiden?” kata Refly saat dihubungi, Selasa (22/3).Refly menilai tugas seorang hakim konstitusi, seperti Anwar, sangat berat.



Yang jadi persoalan, lanjut Refly, setiap orang tidak bisa menebak hati seorang hakim ketika sedang menjalankan tugasnya.

“Prinsipnya adalah kalau ada hubungan keluarga, maka hakim tidak boleh menyidangkan kasus itu. Karena dianggap tidak mungkin bisa netral. Jadi ini sudah menjadi bagian dari kode etik hakim secara universal,” kata dia.

Meski demikian, lanjut Refly, kode etik seperti itu biasanya masyarakat Indonesia sering permisif.Masyarakat Indonesia cenderung mengabaikan fakta itu apabila dianggap tidak melanggar hukum.

“Etika itu derajatnya lebih tinggi daripada hukum. Orang taat pada etika itu, lebih hebat daripada orang taat pada hukum,” jelas dia. (fajar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.