Raih Beasiswa S1 di Mahad Aly Sa’iidusshiddiqiyah Jakarta

  • Bagikan

Jakarta, NU Online
Takhassus (Program Studi) Sejarah dan Peradaban Islam (At-Tarikh al-Islami wa Tsaqafatuh) Ma’had Aly Sa’iidusshiddiqiyah Jakarta membuka Seleksi Beasiswa Kuliah S 1. Ma’had Aly Sa’idusshiddiqiyah Jakarta merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi khas pondok pesantren yang mendapat Akreditasi A.

Terdapat tiga bentuk beasiswa yang ditawarkan yaitu Beasiswa Kader Afirmasi (BKA); Beasiswa Kader Unggulan (BKU), dan; Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag RI (Kuota 20).

 

“Beasiswa Kader Afirmasi adalah jalur penerimaah mahasantri yang dilakukan untuk menjaring santri yang berdomisili di daerah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggil), dan atau merupakan abdi ndalem. Dibuktikan dengan surat rekomendasi kiai,” demikan tertulis pada pamflet resminya, dikutip NGAJI SANTRI dari mahadalyjakarta.com, Senin (21/2/2022).

 

Sedangkan Beasiswa Kader Unggulan (BKU) adalah jalur penerimaan mahasantri yang dilakukan untuk menjaring santri yang memiliki prestesi akademik maupun non akademik, dan atau keahlian khusus seperti kemampuan bahasa Arab atau Inggris, dan atau hafal Al-Qur’an 30 juz, dan atau hafal 1002 nazam Alfiyah yang dibuktikan dengan sertifikat atau syahadah.

 

Adapun Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) merupakan kerja sama Kementerian Agama RI dengan Ma’had Aly Sa’iidusshiddiqiyah dalam proses penerimaan mahasantri baru dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Informasi lengkapnya dapat diakses melalui https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/ dan memilih Perguruan Tinggi Mitra Ma’had Aly Sa’iidushiddiqiyah Jakarta.

Waktu pendaftaran, tes seleksi dan materi
Pendaftaran gelombang I dibuka pada 7 Maret-19 April 2022. Sedangkan Gelombang II pada 22 April-18 Mei 2022. Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui https://www.mahadalyjakarta.com/formulir/.

 

Adapun tes seleksi tahap I, yaitu tes tulis secara online Gelombang I akan dilaksanakan pada 21 April 2022. Sedangkan Gelombang II pada 20 Mei 2022. Sedangkan seleksi tahap II yaitu tes lisan secara offline dilaksanakan pada 1 Juni 2022 di kampus Ma’had Aly Jakarta, Jl. Panjang No. 6C, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11520.

 

Materi tes seleksi tulis adalah seputar Nahwu, Sharaf dan Fikih. Sedangkan tes seleksi lisan dengan membaca Al-Qur’an, Interview (wawancara) dan Kitab Kuning.

 

Pengumuman peserta yang lolos tes seleksi akan disampaikan di website www.mahadalyjakarta.com pada 13 Juni 2022.
Biaya Pendaftaran

 

Setiap pendaftar dikenakan biaya prosedural Rp. 100.000,- untuk pembelian formulir dan pembiayaan tes seleksi. Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke nomor rekening Bank Syariah Indonesia: (451) 4574444557 an. Ma’had Aly Sa’iidussiddiqiyah. Konfirmasi biaya pendaftaran dikirimkan ke  bit.ly/MahadAlyJKT_OFC

 

Info brosur dan booklet juknis dan penjelasan beasiswa dapat diunduh melalu https://www.mahadalyjakarta.com/brosur-22/ dan Beasiswa Mahad Aly Jakarta 2022. Adapun layanan Informasi admin PMB bit.ly/MahadAlyJKT_OFC atas nama Ustadz Muhammad Ainun.

Hak dan kewajiban penerima beasiswa
Setiap penerima beasiswa menerima hak, yaitu Bebas biaya pelaksanaan pendidikan; Bebas biaya asrama; Bebas biaya makan; Pendidikan dan pengajaran yang baik dari dosen yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya masing-masing; Gelar Sarjana Agama (S.Ag) yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Indonesia setelah selesai masa pembelajaran.

Sedangkan kewajiban penerima beasiswa adalah: Mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang diatur oleh Ma’had Aly Sa’iidussiddiqiyah dan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta; Menyelesaikan studi selama 4 tahun, bila ternyata lebih, maka mahasantri diwajibkan menyelesaikan studinya dengan biaya sendiri. Jika keluar tanpa alasan yang bisa diterima (melanggar syariat dll) maka mahasantri tersebut diwajibkan mengembalikan biaya yang telah dikeluarkan oleh pesantren; Menjaga nama baik pesantren, lembaga, dan almamater; Mengabdi dua tahun di pondok pesantren sesuai dengan tugas yang akan ditentukan oleh pengasuh pondok pesantren.

 

Beasiswa akan dihentikan apabila penerima telah menyelesaikan program studinya dengan baik, dibuktikan dengan hasil ujian, menikah atau meninggal dunia. 

Fasilitas dan keunggulan 
Fasilitas yang diberikan Ma’had Aly Sa’iidussiddiqiyah adalah: Tempat yang islami dan terjaga dari pergaulan bebas; Ruang kelas yang representatif dan nyaman; Perpustakaan standar Nasional; Area kampus full wifi; Pembelajaran yang memadukan sistem salaf dan modern, talaqi dan interaktif; Diajar langsung oleh syekh, kiai, habaib dan dosen-dosen dari dalam maupun luar negeri.

Ma’had Aly Sa’iidussiddiqiyah merupakan lembaga takhassus yang mempelajari kajian Sejarah dan Peradaban Islam (at-Tarikh al-Islami wa Tsaqafatuh). Didirikan oleh Dr KH Noer Muhammad Iskandar, SQ pada tahun 2006, untuk mengkader generasi muda Islam yang ber-tafaquh (mendalami agama) secara komprehenshif dan menguasai wawasan kesejarahan Islam yang mumpuni, khususnya khazanah ulama Nusantara.

Kontributor: Ahmad Naufa Kh. F.
Editor: Kendi Setiawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.