Bersikap Lembut Terhadap Istri Tanda Kesempurnaan Iman

  • Bagikan
Saat Khatib Berdoa, Perlukah Makmum Mengucap Aamiin?

NGAJISANTRI.MY.ID, YOGYAKARTA—Terdapat banyak hadis Nabis Saw yang mengajarkan bahwa bersikap kasih sayang dan lemah lembut terhadap istri merupakan salah satu tanda kesempurnaan iman. Salah satu hadis tersebut berbunyi:

Dari Abu Hurairah (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw bersabda: Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paing baik akhlaknya dan orang yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya terhadap istrinya (HR at-Tirmizi).

Bergaul secara baik dengan istri merupakan pengamalan QS. An-Nisa’ ayat 19. Pergaulan yang baik dan sopan merupakan salah satu unsur kebahagian dalam bahtera rumah tangga. Pun demikian dengan bersabar terhadap hal-hal yang tidak disenangi adalah bagian dari perintah Allah.

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak (QS. An Nisa: 19).

Bergaul dengan istri secara baik dapat mencakup sikap menghargai dan menghormati. Memperlakukan istri hal-hal yang baik serta meningkatkan taraf hidup dalam bidang agama, akhlak dan ilmu pengetahuan, juga melindungi dan menjaga nama baik. Tidak lupa pula memenuhi kebutuhan kodrat biologis.

Dalam buku Himpunan Putusan Tarjih jilid III disebutkan hal-hal yang menjadi kewajiban suami terhadap istri, di antaranya:

1. Memberikan nafkah kepada istri dan mendukung istri untuk berkontribusi dalam pemenuhan nafkah;

2. Memberi perhatian kepada istri dengan selalu menjaga kehormatan dan nama baik istri serta keluraganya;

3. Menjadi mitra istri dalam mengokohkan budi pekerti atau akhlak mulia dalam keluarga;

4. Mendukung pengembangan potensi dan aktualisasi diri sebagai hamba dan khalifah Allah untuk beramal;

5. Menciptakan hubungan yang demokratis dan seimbang dalam pengambilan keputusan dalam keluarga;

6. Menghindari berbagai bentuk kekerasan, baik ucapan dan tindakan yang mengakibatkan penderitaan fisik maupun psikologis istri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.