Capai Usia ke-6 Tahun, Ini Harapan Ketua Umum PP Muhammadiyah Terhadap PWMU.CO

  • Bagikan
Capai Usia ke-6 Tahun, Ini Harapan Ketua Umum PP Muhammadiyah Terhadap PWMU.CO

NGAJISANTRI.MY.ID, YOGYAKARTA – Portal berita online Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, PWMU.CO mencapai usia yang ke-6 tahun, tepat pada Jumat (18/3). Memberi tahniah, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan sekian pesan.

Pertama, Haedar berharap PWMU terus menjadi corong menyuarakan nilai-nilai Muhammadiyah terkait paham wasathiyah Islam Berkemajuan dan konstruksi pemikiran yang bayani, burhani, dan ‘irfani. Apalagi sebagai media Persyarikatan, PWMU memiliki tanggung jawab moral terhadap Persyarikatan, umat, dan bangsa. Dengan demikian, PWMU mampu menjadi rujukan bagi umat muslim dan warga Muhammadiyah.

“Sehingga warga Muhammadiyah sampai ke pelosok-pelosok, dari anggota sampai kader dan pimpinan memahami betul apa itu Islam berkemajuan dengan segala kaitannya dalam berbagai produk Majelis Tarjih dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menjadi rujukan dalam ber-Islam,” pesan Haedar.

“Sehingga memahami Islam tidak parsial, dangkal, maupun berdasarkan subjektivitas pribadi,” imbuhnya.

Di samping itu, PWMU diharapkannya terus menjadi media pencerdasan umat yang memancarkan semangat Iqra, progresivitas dan pencerahan alam pikiran. “Diharapkan menjadi penyebar nilai-nilai keadaban publik yang mampu menghadirkan al-akhlak al-karimah dalam perilaku kolektif warga Persyarikatan, umat, dan bangsa,” ujarnya.

Hal ini kata Haedar diperlukan apalagi ketika melihat maraknya berita palsu, kebencian, dan berbagai isu di dunia digital yang tidak substansial dan kontraproduktif bagi kemajuan bangsa. Karena itu, PWMU harus menjadi media alternatif yang mampu membangun keadaban publik.

“Atau dalam referensi Pancasila sila kedua, yakni menjadi masyarakat yang memiliki kemanusiaan yang adil dan beradab. Bukan hanya dalam jargon dan retorika saja, tapi harus dalam tindakan nyata,” tuturnya.

Terakhir, Haedar berharap milad ini menjadi momentum untuk muhasabah bagi PWMU untuk menata langkah ke depan yang lebih hebat, mengingat revolusi 4.0 membawa disrupsi bagi kehidupan nyata. “Bagi media cetak tentu tantangannya lebih berat. Bagi media elektronik (digital) tentu sudah kompatibel dengan realitas saat ini,” tuturnya.

Haedar pun mendorong PWMU semakin banyak menghadirkan pemikiran Keislaman yang melintas batas. “Dari PWMU.CO harus lahir percikan-percikan pemikiran dan menjadi tempat para tokoh, kader, dan pimpinan Muhammadiyah menyemai dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam berkemajuan seluas mungkin,” pungkas Haedar. (afn)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.