11 Persiapan Ramadhan untuk Muslimah

  • Bagikan
11 Persiapan Ramadhan untuk Muslimah

ANDA seorang muslimah, ibu rumah tangga, atau wanita bekerja? Sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk menjalani puasa? Lantas, bagaimana persiapan Ramadhan untuk muslimah?

Seperti kita ketahui, Muslim di seluruh dunia mulai menghitung hari untuk menyongsong Ramadhan. Apa saja yang harus dipersiapkan, terutama bagi seorang wanita yang berperan sebagai ibu rumah tangga atau muslimah yang bekerja?

Niat saja tentu tak cukup. Selain memiliki harapan yang besar terhadap Ramadhan, wanita Muslim biasanya juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang lebih banyak di bulan mulia tersebut.

Mencapai apa yang diinginkan muslimah di bulan Ramadhan sangat terkait dengan manajemen waktu dan rencana yang realistis.

Wanita memiliki lebih banyak tugas di bulan Ramadhan, terutama jika mereka bekerja, namun mereka masih memiliki beberapa peluang untuk mendapatkan pahala. Oleh karena itu, mereka perlu membuat skala prioritas untuk mengatur dan mengkoordinasikan keragaman kegiatan mereka dalam satu bulan.

BACA JUGA: Inilah 4 Persiapan Ramadhan

Pintu pahala amal ibadah terbuka lebar di bulan Ramadhan, di mana muslimah dapat meraihnya dengan berbagai cara. Memasak makanan untuk orang yang membutuhkan, mengumpulkan uang dari kerabat dan teman untuk alasan amal, itu sebagian di antaranya.

Muslimah juga memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam membantu anak-anak mereka memahami apa itu Ramadhan, dan dalam mengatur kegiatan dan kegiatan menghibur yang relevan dengan bulan suci.

Ramadhan dianggap sebagai kesempatan yang sangat baik bagi anak-anak untuk menjalani 30 hari dalam pengalaman komprehensif yang mencakup puasa, shalat, bermain, dan membantu orang lain baik secara fisik maupun finansial.

Manajemen waktu tidak hanya bagaimana mengatur waktu di bulan Ramadhan, tetapi meluas ke bagaimana mengatur untuk mengurangi tugas dan kewajiban selama bulan suci.

Setiap orang memiliki prioritas, kemampuan, dan keadaan yang berbeda; Namun demikian, muslimah dapat menyesuaikan gaya hidupnya dengan beberapa tips.

Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan muslimah untuk menjalani Ramadhan penuh makna dan teratur:

1 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Berdoalah agar Allah memberi berkah atas waktu Anda

Jangan menaruh harapan yang sangat tinggi yang tidak mungkin Anda buat. Anda bukan wanita super (tidak ada yang benar-benar menjadi wanita super). Anda juga tidak berdaya, Anda dapat mencapai banyak hal jika Anda meletakkan rencana realistis yang sesuai dengan kemampuan, tanggung jawab, dan keadaan Anda.

2 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Sederhanakan

Jangan membanjiri diri Anda dengan daftar makanan yang harus Anda siapkan setiap hari saat berbuka puasa, pastikan makanannya bergizi dan memiliki semua elemen yang diperlukan.

BACA JUGA: Sudah Bulan Rajab, Ayo Mulai Persiapan Ramadhan

3 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Siapkan dapur Anda

Siapkan bahan makanan yang berbeda sebelum Ramadhan, sehingga di bulan Ramadhan, Anda tinggal melakukan langkah terakhir.

Misalnya, siapkan di lemari es Anda bawang bombay, bawang putih, dan saus tomat dalam jumlah yang banyak.

Simpan daging dan ayam yang sudah dicuci dan dibumbui.

Siapkan beberapa minuman buatan sendiri seperti kembang sepatu, dan tinggalkan di lemari es.

4 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Jaga agar rumah Anda tetap teratur

Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan sesuatu lebih mudah dan menghemat waktu mencari item.

5 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Tetapkan prioritas Anda

Letakkan rencana Anda dimulai dengan tugas-tugas dasar diikuti dengan yang kurang penting untuk ‘Anda’.

Jangan menjadwalkan apa yang Anda pikirkan sebelumnya, fokus saja pada hal-hal yang lebih penting dan selesaikan secara efisien.

6 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Buat jadwal untuk janji dan kunjungan Anda

Hindari tamasya yang tidak perlu. Cantumkan tanggal dan waktu yang pasti jika Anda bisa.

Jelaskan kepada keluarga dan teman-teman Anda bahwa Ramadhan adalah waktu yang sangat istimewa bagi Anda dan bahwa Anda lebih suka memberikan lebih banyak waktu untuk berdoa dan kegiatan terkait dan Anda dapat menunda pertemuan dan tugas dan melakukannya setelahnya.

7 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Pintar-pintarlah saat mengundang tamu untuk berbuka puasa

Mengundang tamu untuk berbuka puasa tidak diragukan lagi memiliki thawab yang besar, dan menyebarkan kebahagiaan untuk Anda dan tamu Anda, dan itu bisa menjadi beban yang besar juga, kecuali jika Anda memiliki rencana yang baik untuk itu.

Masak makanan sederhana yang tidak membutuhkan banyak waktu atau tenaga. Siapkan beberapa atau sebagian besar hidangan satu hari sebelumnya jika Anda bisa, jadi Anda tidak memiliki semua pekerjaan pada hari yang sama.

Mintalah seseorang untuk membantu Anda menyiapkan, mengangkat, dan mencuci piring jika memungkinkan, dan jika Anda memiliki anak, biarkan mereka membantu Anda juga.

Pesta hidangan adalah pilihan yang sangat baik dalam hal ini, di mana setiap orang mendapat hidangan dan Anda semua berbagi masakan dan Anda juga berbagi thawab .

8 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Buat daftar periksa

Di mana Anda menempatkan tugas-tugas dasar serta kegiatan ekstra, dan membuat satu untuk setiap anak, ini akan bertindak sebagai pengingat yang baik serta peringatan jika Anda menempatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tugas.

Jangan katakan besok, jika Anda memiliki tugas, lakukan segera, ini bahkan akan memberi Anda dorongan untuk berbuat lebih banyak.

BACA JUGA: 11 Tips untuk Persiapan Ramadhan

9 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Istirahat

Jam tidur yang cukup sangat penting bagi Anda untuk dapat menyelesaikan satu bulan penuh dengan kecepatan yang sama.

10 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Makan dengan baik

Makanan sehat akan memberi Anda energi untuk bekerja, berdoa, dan melakukan semua tugas Anda.

Hindari makan junk food dan makanan dengan lemak dalam jumlah besar sebanyak yang Anda bisa, diet semacam ini akan membuat Anda lebih mengantuk dan malas selain bahaya kesehatannya.

11 Persiapan Ramadhan untuk muslimah: Berolahraga

Banyak orang mengira Ramadhan adalah waktu yang benar-benar salah untuk berolahraga, padahal itu tidak benar. Anda dapat melakukan beberapa menit peregangan atau jenis olahraga apa pun yang membuat tubuh Anda lebih kuat dan membuat Anda merasa lebih baik.

Setelah mengatur waktu Anda dengan berbagai cara, jangan lupa untuk membantu orang lain melakukan hal yang sama, terutama anggota keluarga. []

SUMBER: ABOUT ISLAM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.