GUS BAHA HUKUM WAYANG DALAM ISLAM

GUS BAHA HUKUM WAYANG DALAM ISLAM



#gusbaha #gusbahaterbaru #ustadzsolmed #okisetianadewi

5 Karomah Gus Baha Yang Tidak Kita Sadari:
Hukum wayang dalam islam oleh Gus Baha dan Ustadz Khalid Basalamah setahun lalu yang kembali viral dimedia sosial.

Dimohon berkomentar yang santun, tunjukan argumentasi yang cerdas dan mendidik agar Indonesia tetap damai. Mari kita contoh akhlak Gus Baha yang selalu santai dalam menyampaikan dakwahnya dengan ilmu yang sangat luas. Gerakan cangkem elek bukan untuk menjatuhkan tapi untuk memberi pembelajaran dan pencerahan.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dikenal sebagai ulama yang sederhana, tapi tidak pernah diragukan. Secara nasab, Gus Baha adalah putra seorang ulama ahli Al Qur an bernama KH Nursalim Al Hafiz dari Rembang, Jawa Tengah. Sebuah desa di pesisir utara Pulau Jawa. Secara sanad keilmuan, KH Nursalim adalah murid dari KH Arwani Al Hafizh, Kudus, dan KH Abdullah Salam Al Hafizh, Pati. Dari jalur keluarga ayah inilah terhitung dari buyut hingga generasi keempat merupakan para ulama ahli Al Quran. Silsilah dari jalur ibu pun juga berasal dari keluarga besar ulama Lasem, Bani Mbah Abdurrahman Basyaiban atau Mbah Sambu. Selain menonjol dengan keilmuannya, Gus Baha merupakan sosok santri yang dekat dengan kiainya. Oleh ayahnya, Gus Baha memang dititipkan untuk mondok di Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang, asuhan KH Maimoen Zubair.

Respon (31)

  1. Pidato bung karno memang harus kita renungkan.. Yg beliau suarakan. Kalau jadi orang islam janganlah harus islam seperti orang arab.. Jika kamu kristen janganlah kamu Kristen Israel jika kamu hindu janganlah kamu hindu India… Intinya Indonesia merdeka dan jadi negara sampai sekarang karna kita satu bahasa yaitu Indonesia….

  2. Sama2 bagusnya dan dua2nya saya kagumi. Btw ngomong2 soal wayang, dari kecil saya penggemar wayang sampai2 anak saya saya namai Bimo dan sekarang benar2 layaknya Bimo aka Werkudoro, badannya kekar dan sifatnya cenderung ke kebenaran. Baru setelah ribut2 ini saya menelaah kembali tentang wayang, kenapa pada ceritera wayang mengenal banyak dewa (tuhan) dan dewa2 tersebut diketuai oleh dewa yang bernama bethara guru yang kemana2 selalu menaiki sapi suci yang bernama andini? sedangkan di islam diajarkan hanya mengenal satu tuhan melalui surah al ikhlas, apa itu bukan kontradiksi namanya? Sedangkan jaman dahulu wayang sebagai sarana dakwah para wali, apakah para wali keliru dalam menafsirkan surah al ikhlas? Maaf bila saya salah persepsi dalam hal ini. terima kasih bila ada yang mau menjelaskan.

  3. Wayang itu Media Dakwah jaman walisango ..sama seperti Youtube Tv Handphone dan semacamnya .. Orang dulu berdakwah melalui Wayang .. kalo sekarang Orang berdakwah melalui Youtube TV Handphone dan semacamnya …

  4. Yang alim atau ulama berilmu lah yang harus mengalah dengan mencari cara untuk dekat dengan calon muslimnya. Asal jangan cara yang mutlak dilarang.

  5. Kalo bukan orang jawa asli jangan bahas wayang, nanti ahirnya jadi gini. Coba pikir kalo dulu gak ada wayang belum tentu islam masuk di indonesia.
    Bagi kami orang jawa wayang itu sudah budaya dan dan sidah jadi tradisi.
    Salam dari kota KEDIRI, JAWA TIMUR

  6. Sebelum para ustad wahabi itu muncul ga ada tuh yang namanya perdebatan kaya sekarang ini,bisa² para ustad kaya gitu memecah belah keutuhan NKRI dengan agama

  7. Yg tidak ccok sama agama adlah pemabuk maksiat jahat buruk sangka pembuli yg mrugikan orang itu yg haruuuuuuus di musnahkan apa lagi poro kiai yg suka mengadu domba seluruh umat yg beragama salam NKRI

  8. Jangan sampai 'kacang lupa kulit',
    sejarah penyebaran agama islam secara Syare'at khususnya pulau jawa sebagian besar yaitu melalui budaya wayang secara turun temurun hingga saat ini, bahkan dlm setiap lakonny berisi ilmu² agama yg sngat mendalam, bukan hanya ilmu² fiqih (Syare'at) yg di bahas, namun jg ilmu² Tarekat Hakekat Makrifat sebagaimana ilmu² asli yg di wariskan dr leluhur mereka yaitu para wali itu sendiri, sedangkan kita tau bahwa para wali itu pewaris Nabi SAW, artinya ketika ilmu² yg d sisipkan oleh para Dalang²nya dan bukan tdk mungkin kita sebagai penikmat wayang secara tdk langsung terwarisi ilmu aslinya dr para waliyullah.
    Jd perlu di ingat, bahwa kita mengenal islam itu tdk langsung dr Rosulullah SAW.
    Wallahu a'lam bishowab

  9. wayang itu pernah di pakai alat untuk menyebarkan Islam CAMKAN itu.
    Kalau ga tau dan ga ngerti sejarah wayang ga usah ngasih penjelasan dan ga usah ngasih jawaban dari pertanyaan.
    Udah balik aja ke Arab ga usah bikin gaduh di Indonesia.

  10. Siapapun yang mau merusak islam nuasantara kita cintai aku meyaqini siapapun
    Yang berani mau menghancurkan budaya nusantara ini akan hancur sendiri dengan hukum alam laailaha illalloh muhamdur rosuululloh .!!! kenapa kebiasaan arab yang bangsa kalian masih banyak yang bejad banyak to tki tki di jadikan budak sex itu aja kalian hukumi,! mengapa menghukumi orang indonesia ini gak mau dengan budaya indonedia kembalilah menegara kalian yang lebih rusak dari bangsa indonedia!!!!!!! Gak malu kalian para profokator perusak budaya indonesia raya ini!!!!!

  11. Kalid Basamalah kan bukan orang jawa jd maklum tidak ingin melesrtarikan budaya Jawa..dia ingin budaya jawa dan adat istiadat Jawa hilang.. Kalau saya orang Jawa jd wajib melestarikan budaya milik kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.